Minggu, 30 Desember 2018

2018 Year In Review Blog Challenge:: Blog Baru untuk Rutinitas Baru



Hai Temans,
apa kabar?
Ini blog baru, loh! Ahaha, bukan sebuah kebanggan sih sebenarnya. Mengingat setelah 2 bulan, blog ini baru ter-index google. Iya, saya hampir melupakan hal sakral tersebut. Apa artinya ngeblog bila tidak diakui google, ya kan? Apalagi pembaca paling banyak mencari bacaan lewat mengetik kata kunci di mesin penelusur ini.

Yah setelah menuntaskan 31 tulisan yang kebanyakan mengisahkan kehidupan (mantan) bidan seusai menikah, saya cukup puas dengan peningkatan nilai DA-nya. Dari nilai 2 menjadi 9, wow! Alhamdulillah. Sayangnya masih banyak perbaikan di sana-sini, tentunya. Terlebih karena masih belum ada keyword spesifik yang mengarah ke blog baru ini.

Pembaca terbanyak saya dapatkan dari share link di facebook. Walau sudah 'pamer' link lewat media sosial lainnya seperti twitter dan instagram, ternyata masih belum menarik banyak pembaca. Aha! Perlu sesuatu yang viral agar banyak yang 'nyasar', hihi. Yah... harapannya nyasar yang berkali-kali.

Pageview masih dibawah angka 50 di tiap harinya. Namun untuk ukuran blog baru yang (lagi-lagi) belum spesifik, lumayan lah. Daripada hanya angka 0, ya kan? Bersyukur, maka akan Allah tambah nikmat ini. Sejujurnya, kalimat penyejuk hati ini berkali-kali saya tekankan dalam diri.

Template blog sengaja saya buat sederhana mengingat saya juga tidak ingin menonjol di bagian ini. Ilustrasipun saya copy paste lewat paint. Iya, masih belum elite  memang. Maklum soal editing gambar, saya bukan ahlinya. Belajarpun saya masih ogah, mengingat terbatasnya waktu dan menggunakan paint ialah termudah. Maaf ya bila 'hiasan' di blog ini masih kurang cantik. Tetapi besar harapan saya isi tulisannya cukup menarik.

Adanya blog baru ini menimbulkan rutinitas baru pula. Iseng-iseng di waktu luang, jadi nge-draft ingin membuat tulisan apa. Memang sepertinya menambah pekerjaan, namun saya ingin blog ini akan berguna di jangka panjang. Salah satunya sebagai sumber penghasilan. Begitulah, saya memang wanita yang otaknya berisi uang dan uang. (Mantan) bidan juga wajib mandiri di bidang keuangan, bukan?

Untuk merealisasikan hal tersebut, seperti apa yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya, saya ingin mengubah nama domain dari .pw menjadi .com. Masih belum memutuskan akan memakai jasa hosting yang mana, anggaran dana pun masih belum dibuat. Sejak diberi peran penting dalam mengatur keuangan keluarga, saja jadi lebih perhitungan. Anggaran benar-benar saya hitung matang-matang. Ah semoga setelah ini ada job dari blog, jadi saya bisa beli domain menggunakan dana tersebut. Semogaaa... semogaaa... Doakan ya, Temans!

Kembali ke pencapaian blog di tahun 2018 ini, saya terkesan pada diri saya sendiri yang ternyata mampu membuat 1 tulisan per hari. Tulisan yang orisinal, dibuat menggunakan sudut pandang yang berbeda. Saya kita saat ada tantangan 30 hari menulis blog yang diselenggarakan Blogger Perempuan, saya akan menyerah di hari ke-7. Ternyata otak, hati dan kekuatan organ tubuh terutama jemari dan mata, sangat kompak mendukung kegiatan positif ini.

Saya cukup lega bisa menulis selama sebulan penuh dan meminta libur selama seminggu. Yak setelah ini tahun akan berganti dan tentunya tulisan di blog harus makin banyak lagi. Saya tidak ingin blog ini menjadi basi dan hanya 'membara' di saat awal saja. Juga mestinya menjadi suatu rutinitas yang mengasyikkan mengingat ngeblog memang harus asyik agar betah dan berbahagia melakoninya.

Lewat blog baru ini, saya menjalani aktivitas blogwalking. Rasanya menyenangkan membaca dan berkomentar di blog Temans. Dari mereka, saya jadi banyak blajar bagaimana cara menyajikan tulisan yang meninggalkan kesan. Juga bagaimana mengatur tampilan blog agar dikenal dan dikunjungi kembali oleh mereka yang tidak sengaja 'tersesat' di dalam blog baru ini.

Terima kasih, tahun 2018!
Walau di bulan-bulan terakhir, setidaknya minat mengisi blog kembali menggelora. Senangnya tulisan saya juga ada yang mau baca. Saya kira blog baru tidak akan dikenal dan hanya menjadi abu. Namun harusnya, blog baru itulah yang diburu! 

Baiklah ... semangat untuk menjadi lebih baik di tahun 2019 nanti!
Kalian juga, ya Temans...!








1 komentar:

  1. Salam kenal bu bidan hehehe, saya mau baca tulisan nya, seru ya...semoga tahun 2019 semakin semangat menulis. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    BalasHapus