Selasa, 18 Desember 2018

Situs-situs Tempat Refresh Ilmu bagi (Mantan) Bidan




“Ah ibunya bidan ya? Pasti anaknya tumbuh dengan baik.”
Tiap kali orang tahu bahwa saya dulu pernah sekolah bidan dan menjalankan profesi ini, kesan tersebut menempel. Padahal di mata kuliah dulu, tidak ada pelajaran cara mendidik anak seperti realita yang ada. Sekedar teori tentang penyakit anak dan pengenalan organ tubuh. Mungkin ada pembahasan kesehatan ibu dan anak, namun sangat sedikit dan tidak terlalu mendetail seperti yang muncul di kehidupan sehari-hari.

Sejak hidup terpisah dengan orang tua dan mandiri hidup bertiga bersama suami dan anak di kota sebelah, saya hanya bisa belajar cara pengasuhan dari melihat lingkungan sekitar. Pun membaca info tentang tumbuh kembang di situs-situs internet. Oiya mungkin bacaan saya ini juga bisa jadi referensi untuk teman-teman sekalian. Silakan disimak ya, semoga berguna.


1. bidanku.com
Saya terinspirasi membuat blog, salah satunya karena situs ini. Bangga rasanya ketika ada bidan yang didukung penuh suaminya di dunia blogging. Beliau adalah bidan Pevi Revina, yang juga aktif menghadiri banyak seminar kesehatan dan membagikan informasi yang didapatkan lewat situs miliknya ini. Ah, bagi seorang bidan dengan banyak kesibukan, rutin menulis dan posting bukanlah perkara mudah. Beruntung beliau memiliki tim yang solid. Hmmm… senang ya!

Artikelnya lengkap, mulai dari masa hamil, melahirkan, nifas hingga tips seputar parenting. Tentu saja info yang disajikan actual karena selalu mengikuti update dunia kesehatan. Ada juga fasilitas konsultasi yang gratis bagi para pembacanya. Langsung dijawab oleh bidan terpercaya, loh.


2. ibudanbalita.com
Sebenarnya ini situs punya susu Frisian Flag. Saya tertarik dengan kalender imunisasi digitalnya. Menarik sekali dan sangat berguna sebagai pengingat. Terkadang karena rutinitas, pernah sampai lupa kalau saat itu ada jadwal imunisasi BabyZril. Untung masih keburu. Sebab untuk BCG ataupun campak kan vaksinnya harus dibagi dengan beberapa nayi, maklum stoknya terbatas.

Di sini juga ada forum seputar ibu & balita, kehamilan, tumbuh kembang 0-12 bulan, tumbuh kembang 1-3 tahun dan tumbuh kembang 4-6 tahun. Saya belajar banyak dari permasalahan dan jawaban yang tersaji di dalamnya. Apalagi sebagai ibu yang baru memiliki 1 orang anak, teori saja tidak cukup. Butuh sharing dari yang sudah berpngalaman agar tidak bingung mengasuh si kecil.


3. morinagamiplayplan.com
Kalau yang ini milik Susu Morinaga. Pertama kali tahu saat saya mengikuti seminar tentang masa emas anak di Surabaya yang diadakan oleh Morinaga. Kebetulan di situs ini diberikan banyak conton bagaimana untuk menstimulus si kecil. Banyak permainan mudah dan murah yang bisa diaplikasikan.

Di situs ini pula, orang tua jadi diajarkan bagaimana cara mengenali nkecerdasan majemuk sang buah hati. Diajarkan pula bagaimana menggali potensinya dengan aneka ide belajar yang tentunya disukai sang anak dalam rencana bermain dalam 30 hari. Dengan gaya belajar masing-masing anak yang berbeda. Orang tua jadi tidak bingung lagi bagaimana untuk lebih mengenal karakter anak dibantu dengan area cetak dan DIY yang menarik. Asyik, kan?


4. ibudanmama.com
Situs yang satu ini loadingnya cepat. Tampilan halamannya adalah foto-foto dengan banyak pilihan judul artikel. Situs ini nih yang membuat saya ingin memperbaiki layout blog saya yang khusus parenting: cerita-ibun.com. Tapi belum sempaaaaat, hiks.

Lumayan lengkap loh menunya. Mulai dari topik kehamilan yang diawali info masa subur hingga peran suami sebagai calon ayah, pola asuh hingga seputar adopsi, cantik dan gaya yang bukan hanya untuk ibu melainkan juga bagi sang buah hati, kesehatan yang membahas diet hingga kesehatan keluarga, tips pernikahan, aneka menu masak dan masih banyak lagi. komplit! Yang terpenting disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti.


5. rumahinspirasi.com
Tumbuh kembang Zril menuntut saya agar lebih banyak belajar tentang cara menjadi orang tua. di situs ini ada check list perkembangan anak mulai dari 0 bulan hingga 6 tahun yang dibuat berdasarkan materi “Konsep Pengembangan PAUD Non Formal” yang dibuat oleh Pusat Kurikulum Diknas Bisa diunduh gratis, loh. Kebetulan AyahZril kurang setuju bila nantinya Zril disekolahkan di usia yang sangat dini atau ikut PAUD. Lebih baik belajar sendiri di rumah dan situs ini bisa sebagai salah satu referensi kami mendidik sang buah hati.

Dirintis oleh keluarga Sumardiono, situs ini memberikan informasi secara teoritis dan berdasarkan pengalaman keluarganya yang home schooling. Bukankah sitem pendidikan di rumah juga adalah penting dan ibu ialah madrasah utama sang anak? Alasan inilah yang membuat saya betah berlama-lama mebaca situsnya di saat Zril terlelap. Selain info parenting, juga bisa ikut webinar di sini loh.


16 komentar:

  1. Sekarang udah ga jadi bidan lagi, tha?

    BalasHapus
  2. kalau cari artikel kesehatan kehamilan sering nih mampir ke bidanku.com artikelnya lengkap tentang kehamilan dan kesehatan anak, kalau yg morinaga dulu sering mampir cari permainan anak

    BalasHapus
  3. enak bener yang sekarang...iri akutu..Jaman anakku bayi aku tinggal di pelosok Sumatera Utara, semua keluarga di Jawa. Internet masih baru banget .
    Jadi satu-satunya cara, tiap bulan ke Medan beli majalah Ayah Bunda dan buku-buku pengasuhan.
    Maka sekarang aku ikut senang dengan berbagai informasi yang ada yang bikin para ibu dimanapun berada punya akses informasi terkini.

    BalasHapus
  4. Salam kenal ibu (mantan) bidan, ehehe

    Situs2 itu kayaknya jadi rujukan banyak banget ibu-ibu masa kini ya mbak, karena anak saya sudah mulai gede nambah lagi pencarian, saya sekarang hobi cari printable buat materi belajar anak ��

    BalasHapus
  5. Dan saya langsung meluncur ke situs ibudanmama. Mencari tentang informasi kehamilan.. hehehe

    BalasHapus
  6. Dulu saya suka baca-baca tulisa di Rumah Inspirasi. Sepertinya sekarang banyak artikel pendidikan, ya? Kalau dulu kayaknya banyak cerita keluarganya

    BalasHapus
  7. Wah, zaman sekarang para ibu millenial lebih mudah cari informasi yah, berbagai website penuh manfaat bertebaran, kita tinggal klik aja.

    Zaman anak pertamaku masih bayi masih ngandelin beli majalah dan tabloid hehehe

    BalasHapus
  8. Makasih udah sharing situs-situs yang bermanfaat itu. Saya walopun udah ounya anak remaja tapi untuk balitaku yang bungsu, tetap aja harus upgrade ilmu.

    BalasHapus
  9. Aku juga mikirnya kalau bidan itu pasti bisa ngurus anak dengan baik, tapi tetap perlu belajar juga yaa dari situs2 rekomended.

    BalasHapus
  10. Memang harus tetap upgrade ilmu ya biar wawasannya up to date mengikuti perkembangan pengetahuan terkini

    BalasHapus
  11. Jadi ingat dulu bacaan wajib adalah... Majalah ayahbunda! Parenting!

    BalasHapus
  12. Wah keren amat ya ibu bidannya ngeblog, jadi makin banyak yang melek soal tumbang anak dan pengasuhannya juga kesehatan anak..

    BalasHapus
  13. Masih praktik kah mbak? #kepoh :D
    no 1 dulu pas anak2 kecil sering saya baca. No 5 saat ini sering saya baca krn lagi menerapkan HS di rumah :D
    Oh ya pas anak bayi satu lagi yg suka saya baca, milis sehat :D

    BalasHapus
  14. Walau anakku sudah besar-besar, daku masih suka berkunjung ke bidanku dan ibudanbalita. Selain update info dan nambah wawasan, juga untuk refresh otak

    BalasHapus
  15. Bidanku tu yang paling sering saya kunjungi waktu hamil anak pertama.

    Di sini malah ada kejadian, baru saja, anaknya bidan meninggalkan dunia pas ngelairin. Si anak bidan juga. Sedih banget kalo inget mah.

    BalasHapus
  16. Waah terima kasih banyak Mbak infonya, jadi tahu ke mana tempat mencari info seputar keseharian kita di situs2 tersebut.

    BalasHapus