Jumat, 25 Januari 2019

Resolusi Realistis Agar Tidak Menangis Karena Berakhir Tragis




Pada postingan lalu tentang mewujudkan resolusi bagi ibu rumah tangga, ada hal buruk yang tidak saya sampaikan. Pengalaman pahit tentang resolusi tahun lalu yang terpaksa saya hentikan di tahun ini. Mungkin Temans tidak akan menyangka kalau perempuan yang kemana-mana ogah ribet bawa tas ini ternyata dulunya malah berjualan tas dan dompet impor secara online. Aktivitas ini saya geluti sejak bertahun lalu kala masih bekerja di instansi. Namun secara pasti, salah satu jalan meraup rupiah ini saya tinggalkan begitu saja. Bahkan sebenarnya, berakhir dengan tragis.


Bukan tanpa alasan. Ini semua karena teknik berjualan kuno yang masih saja saya anut. Saya berharap banyak pembeli namun tidak melakukan promosi. Hal yang konyol, bukan? Ibarat ingin makan kue tapi tidak ingin membeli atau membuatnya sendiri. Ya, Allah Maha Pemberi. Dengan doa sungguh-sungguh, pasti akan dikabulkan. Namun hal yang saya lupakan adalah Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum bila kaum tersebut tidak mau mengubahnya. Artinya? Akan begitu saja kondisinya, tidak bisa maju dan malah mengalami kemunduran karena tidak ada usaha untuk memajukannya.

Baca juga: Resolusi Cantik dengan Pakai Serum Pemutih Badan

Jauh di lubuk hati, saya masih ingin berjualan. Tapi saya tahu kalau masih harus banyak belajar. Apalagi di dunia digital seperti sekarang, pembeli sudah banyak yang pintar. Soal harga memang masih ditawar, namun penjual haruslah pandai membuat jualannya menjadi incaran.

Untuk itulah di tahun 2019 ini saya memiliki resolusi agar bisa kian lihai di dunia maya. Walau tidak memiliki dasar Information Technology (IT), saya ingin lebih mendalami pembuatan website e-commerce dengan PHP Framework. Sekalian belajar Digital Marketing agar website yang sudah jadi nantinya ramai dengan pengunjung. Ditambah jago mendesain agar etalase jualan memanjakan mata, membuat betah serta menggugah pembeli untuk memilikinya.

Salah satu hasil kemampuan edit foto yang belum saya miliki

Media utama promosi zaman sekarang ialah foto yang ciamik. Tidak hanya kemampuan fotografi yang dimiliki agar menghasilkan gambar yang menarik, tapi juga kemampuan edit foto yang mumpuni. Selama ini saya melakukan riset ke online shop yang berjaya dan terus memiliki pelanggan tetap, ternyata salah satu hal yang membuat demikian adalah karena tampilan media sosialnya dipenuhi foto dengan grafis yang apik. Sebagai seorang yang masih mengandalkan gambar dari copy paste di paint, rasanya saya wajib berguru ke DUMET School.

Sebuah resolusi yang realistis, bukan? Memiliki keahlian mengotak-atik website saya ramalkan akan menjadi hal yang biasa di masa depan. Namun untuk saat ini, selagi masih belum banyak yang terpikirkan ide ini, saya wajib buru-buru merealisasikannya. Dengan ini tidak ada lagi adegan menangis karena sepi pembeli dan gulung tikar dengan tragis. Tidak ada lagi kisah kesal karena tidak bisa memutar modal. Juga tidak akan ada lagi eksprsi tergugu-guru karena tak laku-laku. Yahuuu!

20 komentar:

  1. Bener banget, upgrade kemampuan dalam hal apapun sangat diperlukan. Sekarang semua orang sudah melakukan hal2 canggih dalam hidupnya. Meskipun mungkin kita tidak bisa ke level itu, paling tidak kita ada ikhtiar untuk belajar sesuai kemampuan.

    BalasHapus
  2. Wahh belum bikin resolusi untuk tahun 2019, yang penting kalo di ak jalanin dulu lah dan perbaiki yang lalu masih belum bener wuehehe

    BalasHapus
  3. Betul.. setuju mba.. perbaikan itu sangat perlu.. evaluasi setiap saat apalagi ketika kondisi tragis 😣

    BalasHapus
  4. Jadi inget belum bikin resolusi.. haha.. tape emang bener sih.. kita lihat kemampuan dan situasi yang mendukung agar resolusi bukan sekedar resolusi.. Semoga terwujud resolusinya..

    BalasHapus
  5. Untuk berjualan memang kita harus ounya modal dulu. Salah satunya ya harus menguasai ilmu marketing dan promosi yang makin hari makin berkembang sesuai kemajuan zaman.

    BalasHapus
  6. evaluasi diri memang penting banget mba, supaya kita bisa belajar dari kesalahan yang kita buat dan ngecekin deh resolusi sebelumnya gak bisa terwujud kenapa ya. Cari tau trus perbaiki deh

    BalasHapus
  7. Semoga resolusinya terwujud ya mbak & bisnisnya sukses. Sukses bisa dari rumah, insya Allah.

    BalasHapus
  8. Mudah2an tercapai segala resolusinya ya mbak, bisnisnya makin berkembang dan sukses, aamin.

    BalasHapus
  9. Harus selalu upgrade kemampuan yaa mba. Jangan mudah menyerah dan putus asa

    BalasHapus
  10. Zaman sekarang ya, jualan apa pun, mau offline atau online, kita butuh menguasai tekniknya. Terutama promosi. Aku sendiri belom bisa. Dalam online marketing pun. Bisanya cuma medsosan :D

    BalasHapus
  11. Aku pernah kepikiran punya olshop sebagai sumber penghasilan rutin tapi maih bingung mau menggarap apaaan. Tambahan skillnya juga biar bisa laris jualan hihihi

    BalasHapus
  12. Awas Mbak ketagihan belajar edit foto. Memang klo jualan di medsos tampilan visual harus enak dilihat. Semangat ya Mbak !

    Btw Dumet School cabangnya dimana aja nih ? Udah lama gak ikut2 kursus.

    BalasHapus
  13. Nah ini bener, resolusi yg tidak membuat hidup jadi penuh drama dan keterpaksaan. Paling nyaman membuat resolusi yg reachable sehingga membahagiakan jika bisa dicapai.

    BalasHapus
  14. Aku merasakan hal yang sama kak. Soalnya aku juga jualann online dimana salah satunya foto yang mendukung. Semoga terlaksana resolusi baiknya Mba. Semangat

    BalasHapus
  15. Lesson learned dari pengalaman dan kegagalan itu harus ya. Semoga terlaksana segala niat baiknya mba.

    BalasHapus
  16. semoga bisa terwujud ya , amin

    BalasHapus
  17. Dumet school emang juaranya lah, ak suka dumet dari dlu sampai sekarang

    BalasHapus
  18. memang hrs ngikutin zaman yaaa.. masanya digital, kitapun hrs bisa menguasai. jgn sampe ga peduli dan cm mau memakai cara lama yg udh ketinggalan. kalo mau maju, ya kita yg hrs beradaptasi dengan kemajuan teknologi. semoga nanti jd makin jago teknik editingnya mba, jd lapak jualannya jg jd ramai pembeli :)

    BalasHapus
  19. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus