Rabu, 13 Februari 2019

Jeruk Purut Sebagai Sumber Vitamin C




Pada tulisan Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh yang pernah saya tulis, banyak yang tanya, "Oles muka pakai jerut purut apa tidak perih?"


Tentu saja sangat perih, namun di awal pengolesan. Hal ini karena ada pori-pori yang terbuka atau mungkin ada bagian wajah yang luka meski hanya berupa gorsan kuku.  Tapi dengan demikian, saya jadi lebih tahu kondisi wajah saya. Pada pemakaian kedua di hari selanjutnya, rasa perih nan pedih sudah berkurang. Tandanya telah terjadi regenerasi sel kulit dan luka telah tertutup. Nah bagi Temans yang tak suka efek `yang menantang' ini, jangan coba-coba ya.

Hal ini juga berlaku pada pemakaian jeruk purut sebagai infused water. Metode yang juga disebut detox water ini terbuat dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah agar bisa mendapat manfaat vitaminnya. Buah yang dipakai dalam metode infused water ini biasanya lemon. Tapi karena lemon berkualitas baik hanya ditemukan di swalayan dan harganya mahal, maka saya memakai jenis jeruk yang pohonnya tumbuh di halaman rumah; jeruk purut. 

Fungsinya sama. Hanya saja buah yang memiliki tekstur kulit kasar dan sering digunakan sebagai bumbu dapur ini rasanya lebih ‘segar’ sedikit masam. Karena rasa inilah yang membuat jerut purut kerap dijadikan campuran sambal atau diperas sedikit untuk menambah nikmat kuah soto. 

Lalu bagaimana rasa infused water menggunakan jeruk purut? Segar, sedikit asam yang tertinggal di lidah namun tak terlalu parah. Rasa tak masalah, yang penting masalah teratasi. Selain kadar Hb naik karena zat besi dari makanan yang saya konsumsi tersaring dengan baik, berat badan saya sekarang turun karena lemak berkurang. Ini lebih baik daripada saya harus konsumsi buah jeruk secara langsung demi asupan vitamin C yang murni. Entah mengapa saya tak suka rasanya. Yah namanya juga selera lidah, berbeda-beda.

Sebelumnya, demi mencukupi asupan vitamin C secara instan, saya pernah mencoba menyuntikkan langsung 500mg ascorbid acid ke dalam pembuluh darah saya. Dengan bantuan Mama saya yang seorang perawat, 1 ampul viramin C tersebut masuk dalam tubuh. Efeknya adalah saya merasa mengantuk, tidur dengan lelap dan terbangun dengan kondisi fresh. Rutin menguap tak lagi saya rasakan, asalkan saya juga rutin memasukkan obat berisi vitamin tersebut ke dalam tubuh saya. Karena takut kecanduan, cara tersebut saya hentikan dan berpindah ke cara yang alami; infused water isi jerut purut.

Vitamin yang larut dalam air ini dipercaya dapat mencerahkan kulit. Padahal sejatinya, efek yang utama adalah untuk imunitas. Imunitas berarti daya tahan tubuh. Orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh akan mengalami rasa lesu, kemudian muncul beberapa penyakit. Kebanyakan akan terjadi sariawan, yakni luka pada bagian dalam mulut (mukosa) dengan ukuran kurang dari 1 cm. Biasanya ada 2 atau 3 sariawan yang muncul bersamaan. Penyebabnya adalah melemahnya sambungan antar jaringan. Walau biasanya hilang dalam 10 hari, tetapi rasanya menyakitkan karena pedih bila terkena makanan minuman panas dan atau pedas.

Selain itu, vitamin yang identik dengan buah warna kuning ini berguna untuk menurunkan tekanan darah. Punya saudara yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi? Kebanyakan disarankan untuk mengkonsumsi blewah, kan? Sebab blewah mengandung vitamin C. Dengan konsumsi yang cukup, peredaran darah jadi lancar karena pengaruh vitamin tersebut. Dengan begitu otomatis mencegah penyakit jantung karena gangguan peredaran darah teratasi. Konsep ini sama dengan penyembuhan pada penyakit mata katarak. Vitamin C menurunkan potensi terjadinya katarak karena suplai darah yang lancar pada mata.

Bagaimana? Beranikah mencoba alternatif sumber vitamin C memakai jeruk purut?





19 komentar:

  1. Saya nggak berani terima tantangannya mbak. Sama lho, saya juga kurang suka mengkonsumsi jeruk. Nah, jeruk biasa aja nggak suka, bagaimana pula dengan jeruk purut.
    Bayangin aja saya sudah "kemecer" ini

    BalasHapus
  2. Aku pernah coba maskeran pake jeruk purut mak, tapi wajahku langsung perih dan merah2, ga tahan, jadi besok nya aku ga lanjutkan. Padahal efeknya justru bagus yaa..
    Mak, aku ngeri ngebayangin masukin vitamin C secara langsung disuntikin gitu, gimana rasanya itu mak?

    BalasHapus
  3. Saya biasanya pakai lemon, Mbak. Belum pernah pakai jeruk purut. Kayaknya bisa dicoba kalau begini

    BalasHapus
  4. Kalau aku jeruk perut saat sakit tenggorokan dan batuk mba. Tapi dicampur kecap juga dan rasanya memang aneh tapi ampuh.kalau untuk wajah aku belum coba.

    BalasHapus
  5. I have tried it a couple of times, and I do love the taste. And it brings a lot of benefits to our house. I guess I need to consume it more

    BalasHapus
  6. Wahhh jeruk purut ini bentuknya unik ya..belom pernah cobain juga..

    BalasHapus
  7. Belun pernah nyoba sih kalo jeruk purut.. berani gak ya..coba..karena disini banyak jeruk purut. Biasanya dipake untuk campuran lulur.

    BalasHapus
  8. Jeruk purut mba? Tak pikir itu hanya buat bumbu. Klo jeruk nipis, pernah aku mba. Dan itu juga manfaatnya banyak banget. Tp klo jeruk purut...aku malah taunya cuma buat bumbu (daunnya)...ga tau klo buahnya pun bisa dimanfaatkan

    BalasHapus
  9. Waaaah ini ya jeruk purut, aku gak pernah lihat soalnya ahahaha *norak mode on, taunya TPU di Jakarta sih* (kurang jauh maennya)
    Segala jenis jeruk emang banyak vitaminnya ya.. Coba ah, nanti aku cari kalau pas ke pasar

    BalasHapus
  10. Di kampungku jeruk purut lagi berbuah banyak, dan memang bagus juga ya buah kesehatan

    BalasHapus
  11. Jeruk purut biasanya sy pake buat sambal mba atau soto...seger.

    BalasHapus
  12. Jeruk purut ini yang biasa disebut jeruk sambel bukan sih?

    Aku susah banget nemuin jeruk purut di Qatar. Sekalinya ada stok di toko Indonesia, biasanya langsung diserbu ibu-ibu yang rajin nyambel.

    Nyoba bikin sambel pake jeruk lemon yang berlimpah di sini, wangi jeruknya tetap beda. Enakan jeruk purut.

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah nih mba minum air jeruk purut .palingan jeruk nipis atau belimbing wuluh. Lebih asem mana sih jeruk purut dengan belimbing wuluh?

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah sudah rutin minum infused water dari lemon setiap pagi. Pas banget juga dengan kondisi tubuh yang lagi ngedrop. Sewaktu di kampung sih sering dapatin jeruk purut, tapi pas tinggal di Batam malah susah nemu.

    BalasHapus
  15. Nah, aku sering nih massage rambu pakai jeruk purut, hasilnya rambut bersih dan sangat halus sekali, caraya jeruk purut diparut sekulitnya, lalu massage ke rambut dengan lembut dan diamkan 1 jam, baru basuh dengan air hangat

    BalasHapus
  16. Unik ini Tha sarannya, berdasarkan praktik dan pengetahuan. Suka banget sama tulisannya.
    Itu yang ditetesi ke wajah jeruk purutnya, selama berapa hari?

    BalasHapus
  17. Aku pernah pakai jeruk nipis di muka, tapi malah jerawatan huhuhuu.. kalau buat diminum pagi hari malah cocok :)

    BalasHapus
  18. Aku baru mau nyobain infused water dari lemon. Ternyata pakai jeruk purut juga bisa yaa ��

    BalasHapus
  19. Aku nanam jeruk purut di samping rumah. Tapi belum berbuah aja. Tapi daunnya sering kepake buat masak.

    BalasHapus