Senin, 11 Februari 2019

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh




Dari semua manfaat vitamin C, yang paling disukai oleh kaum wanita adalah efek detoksifikasi. Tahu kan kalau banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C?


Karena fungsinya yang super, vitamin C juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Perbaikan jaringan kulit juga dilakoninya, maka tak heran apabila luka jadi cepat kering apabila disuplai dengan pemenuhan kebutuhan vitamin C.  Mengurangi sel kanker dan mengatasi keracunan juga menjadi manfaatnya.

Itulah mengapa kalau usai makan gorengan (batagor, tempe penyet, bebek goreng dan sebagainya) disarankan untuk minum jeruk hangat atau es jeruk. Bukan karena rasanya yang manis, tapi karena efeknya yang mencegah kolesterol. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk hangat atau es jeruk, berfungsi untuk melunturkan lemak. Maka tak heran apabila rutin mengkonsumsinya, berat badan jadi ideal. Pastinya bila diimbangi dengan banyak minum air putih dan olahraga teratur.

Vitamin C juga jadi pemroduksi kolagen karena adanya hidroksiprolin dan hidroksilin pengikat molekul kolagen. Tahu kolagen kan? Fungsinya untuk meremajakan kulit sehingga tak tampak kusam dan kenyal. Sifatnya yang water holder membuat kulit jadi lembab karena mengandung banyak air. Kalau lembab, kulit jadi tidak mudah keriput. Awet muda, deh.


Adanya vitamin C dalam darah juga menghambat pigmentasi pada kulit. Dengan begitu, kulit jadi tampak cerah. Inilah efek yang biasanya jadi incaran wanita saat mengkonsumsi vitamin C, terutama yang diperoleh melalui injeksi intra vena, langsung masuk pembuluh darah. Memang, bila dilakukan secara rutin, minimal 1 kali seminggu selama 3 bulan, efeknya memang terlihat. Kulit tampak lebih putih. Banyak teman saya yang telah membuktikannya.

Karena banyaknya jerut purut di rumah, seminggu sekali saya mencoba resep tradisional untuk memutihkan kulit. Caranya cukup dengan mengoleskan kulit jeruk ke seluruh tubuh, sebelum mandi. Rasanya segar dan kotoran seperti keringat dan daki jadi terangkat. Untuk menghaluskan wajah, biasanya saya pakai masker dari campuran putih telur dan perasan air jeruk. Didiamkan beberapa jam hingga mengering, dibilas dengan iar hangat, lalu rasakan perbedaan sebelum dan setelah menggunakannya.


Sumber alami ada dalam berbagai buah dan sayuran yang kita konsumsi. Identiknya memang pada jeruk. Tapi ternyata ... kandungan vitamin C dalam jeruk masih kalah jauh dibandingkan pada paprika. Untuk jelasnya, simak tabel berikut ini:



Selain dari sumber alami, juga ada yang buatan. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan secara instan, sebab seseorang tidak mungkin bisa tuntas menghabiskan 100 gram makanan bervitamin C dalam seketika. Di dalam dunia medis, diperuntukkan untuk pasien rawat inap yang membutuhkan tambahan vitamin C seperti pada pasien post op (setelah operasi). Pada pemberian 500 mg per hari, bisa membantu mengatasi rasa gelisah. Kalau di ruangan saya, pasien yang telah menjalani operasi sesar (melahirkan dengan bantuan operasi) mendapatkan asupan 750 mg per hari, fungsinya untuk mengurangi rasa cemas dan percepatan penyembuhan luka operasi.

Bagi yang tidak dalam perawatan rumah sakit, boleh saja mencoba injeksi (penyuntikan) vitamin C. Tapi kalau bisa dibantu oleh ahlinya ya. Sebab bila dilakukan oleh orang yang salah atau petugas yang kurang terampil, bisa menyebabkan kerusakan jaringan di sekitar area penyuntikan karena pembuluh darah pecah dan berdampak lebam. Kemudian, dosis harus tepat. Sebab menimbulkan rasa perih, iritasi lambuh kalau berlebih. Selain itu juga bisa menyebabkan penyakit batu ginjal dan nyeri saat buang air besar, karena kelebihan vitamin C secara terus menerus menumpuk kristal-kristal yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Mereka yang mengidap penyakit maag, batu ginjal dan pengidap penyakit hematokrosis (kelebihan zat besi dalam tubuh) tidak dianjurkan untuk mencoba injeksi vitanin C.

Kebutuhan tiap orang akan vitamin C dalam sehari tentu berbeda-beda. Bagi pria perokok, perlu 125 mg/hari, sedangkan wanita perokok perlu 110 mg/hari. Untuk pria bukan perokok hanya perlu 90 mg/hari, sedangkan wanita 75 mg/hari. Bagaimana untuk ibu hamil? Hanya perlu 85 mg/hari, sedangkan ibu menyusui cukup 120 mg per hari. Kalau masih anak-anak kebutuhannya sekitar 50 mg per hari.

Wah... lumayan juga ya kebutuhannya. Kalau kekurangan vitamin yang identik dengan buah jeruk ini, kita akan mengalami penurunan nafsu makan, kram otot, kulit jadi kering, rambut mudah bercabang, gusi berdarah, anemia dan mudah terkena infeksi. Bahaya! Kalau kelebihan malah terjadi diare, loh. Pedih pada lambung juga terasa akibat peningkatan asam lambung. Jadi, konsumsi vitamin C memang harus berimbang. Kalau kebanyakan, akan dikeluarkan tubuh melalui urine.

Setiap vitamin memang memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh kita. Seperti vitamin C yang punya banyak manfaat. Bukan hanya sebatas kesehatan dan kecantikan kulit, mood kita jadi stabil akibat pengaruh kandungan vitamin ini. Mau pakai vitamin C dari bahan alami atau buatan, sama saja hasilnya. Asalkan tidak berlebih, tentu tidak akan jadi masalah. Infused water bagus, pakai injeksi juga boleh. Dan ingat, apabila menggunakan penyuntikan vitamin C, carilah tenaga profesional agar manfaat benar-benar terasa dan tidak menderita lebam berkepanjangan.


24 komentar:

  1. Wah baru tau lho mbak kalau jeruk bisa dipakai buat luluran nggak ditambahin apa-apa hehe. Btw kalau misalnya suntik vit C tanpa didampingi tenaga profesional jangka panjangnya gimana ya? Thanks. Salam kenal

    BalasHapus
  2. Luluran pakai kulit jeruk purut, apa nggak pedih dikulit mbak?

    Saya baru tahu kalau paprika itu kandungan vitamin C nya tinggi. Biasanya kalau lagi makan di luar, terus di menunya ada irisan paprika malah saya singkirin ke pinggir. Berarti lain kali kalau ketemu lagi, harus coba saya santap nih

    BalasHapus
  3. udah sering dengar kalau jeruk bisa memutihkan kulit, tapi belum pernah coba. Buat kulit yang pigmennya lebih gelap karena pemakaian hijab, juga bisa kali ya mba

    BalasHapus
  4. Saya di rumah tuh punya pohon jeruk lemon, dan dia berbuah sepanjang tahun nggak berhenti. Kalau lagi senggang sering dipake buat maskeran, dicampur madu. tapi sayangnya banyakan malesnya. minum jeruk anget tiap pagi pun angot-angotan, nggak konsisten. Lemonnya malah lebih sering saya bagi-bagi buat teman.

    BalasHapus
  5. Kalau tubuh kekurangan vitamin C juga bakal ngasih efek samping dengan banyaknya keluhan di badan ya mbak, baru tahu jeruk purut bisa utk memutihkan kulit, kapan2 coba deh yg utk ngilangin komedo

    BalasHapus
  6. wah paprika merah ternyata paling banyak kandungan vitamin C nya ya..
    aku kalau masak atau bikin salad, lebih suka pakai paprika kuning atau hijau..
    besok-besok ganti yang merah aja ah :)

    BalasHapus
  7. Vitamin C emang bagus banget untuk kesehatan kita, pas aku kurang zat besi pun selain makan daging dan tumbuhan hijau disarankan juga untuk ikut mengkonsumsi vitamin C. Tapi ya tetep aja kalo konsumsi multivitamin mah males banget, pengennya makanan aja yang enak dan segar. Tapi saya kemarin sempat rutin minum madu+lemon tiap pagi. Alhamdulillah jadi lebih segar meski suka ngga konsisten.

    BalasHapus
  8. Menurutku Vitamin C itu sahabat perempuan. Kalau rajin mengkonsumsi, tak hanya mempertahankan collagen dimana kulit lebih lama lenturnya, juga bisa mencerahkan. Muka yang kusam, kalau sering mengkonsumsi juice jeruk kaya Vitamin C, juga tertolong :)

    BalasHapus
  9. Banyak banget ya manfaat dari vitamin C. Jeruk juga bisa buat lulur dan masker yaa.. bisa dicoba, nih. Tapi penyakitku nih Mbak, gak bisa konsisten! Huhuhu.
    TFS, Mbak :)

    BalasHapus
  10. Vitamin C memang bagus untuk kesehatan luar dan dalam. Kalau harus milih, dibandingkan suntik lebih baik konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. :D

    BalasHapus
  11. Aku pun konsumsi vitamin c terbesarnya dari jeruk, entah itu makan jeruk langsung atau di jus atau minuman vitamin c. Tapi aku baru tau kalau kulit jeruo bisa buat luluran juga loh, ilmu baru lagi nih.

    BalasHapus
  12. Aku suka bersihin ehh pake jeruk nipis Karen efek bersihnya itu lho. Bener banget nih mba jeruk hangat memang pasangan yang pas untuk makan yang berlemk

    BalasHapus
  13. Jeruk nipis juga pencerah alami kulit wajah lho. Air jeruk nipis dioles - oles ke wajah, didiemin beberapa menit lalu cuci muka seperti biasa. Pernah nyobain rutin selama seminggu wajah jadi cerahan..Tapi ada perih - perihnya sedikit sih..

    BalasHapus
  14. Nah aku punya pohon jeruk purut nih, tapi belum pernah pakai untuk luluran.
    Besok mesti dicoba nih. Secara ada yang alami dan gratisan dari rumah sendiri , ye kan?
    Makasih untuk pencerahannya tentang seputar vit C ini Mbak :)

    BalasHapus
  15. vit c memang oke banget. sayangnya saya nggak doyan paprika pdhl vit c-nya tinggi banget yaaa :(. anak2 juga jd ga doyan hahaha. tp mereka seneeeng banget buah jeruk. apalagi kalau diperas, kasih air dan sedikit gula lalu dimasukkan plastik es lilin xan dibekukan. stoknya ga bakalan tahan lama hahana

    BalasHapus
  16. Vitamin C emang sangat dibutuhkan tubuh ya mbak. Kalau saya biasanya dari buah2an kyk jeruk atau jambu gtu.
    Kalau paprika saya suka sih, tapi gak bisa makan banyak, gk tahan pedesnya kalau banyak2 hehe.

    BalasHapus
  17. Wah alami banget lulurnya ya mbak, bisa untuk kulit jenis apakah? Jambu biji juga banyak vitamin C nya ya

    BalasHapus
  18. Aku dulu buat turunkan berat badan, pakai infused water. Dan ampuh juga.

    Aku baru tahu lho mbak soal lulur jeruk purut. Di belakanh rumah banyakkkk.. bisa nih kapan2 kucoba mbak.

    BalasHapus
  19. Wow baru tahu kalau paprika merah paling banyak kandungan vitamin C nya, ku kira jeruk udah paling gede. Hahaha.
    Dulu lumayan rajin bikin infused water jeruk / lemon, tapi sekarang lebih banyak di makan langsung aja :D

    BalasHapus
  20. Wah baru tau kalo dalam jambu biji juga mengandung vitamin C. Malasih infonya ya Mbak. Ijin save tablenya boleh ya...

    BalasHapus
  21. Banyaknya kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh seperti antioksidan dan kolagen, jadi daya tarik kaum wanita ya...
    Karena wanita selalu ingin tampil menarik dan awet muda tentunya hihihi

    BalasHapus
  22. Apakah setiap makanan yang kita konsumsi, vitamin C nya akan terserap sempurna?
    Aku tu keseringan pakai yang artificial yaa...hikks~
    Jadi kurang PD kalau cuma asupan dari makanan.

    Harusnya,
    yang alami lebih baik.

    BalasHapus
  23. ih aku kemana aja ya baru tahu kalau abis makan gorengan disarankan minum es jeruk duh maknyos bayanginnya :)

    BalasHapus
  24. bener banget tuh, tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C. Apalagi menunjang aktifitas biar lbh vit. btw mksh sharingnya kak

    BalasHapus