Kamis, 11 April 2019

Sentuhan Cinta dengan Memijat Bayi Membuatnya Gemilang Meraih Mimpi Suatu Hari Nanti



Halooo, BuuIbuuu…
Adakah diantara BuuIbuu semua yang suka memijatkan bayinya bila rewel ataupun sakit panas? Saya dulu juga pernah begitu. Meski mengerti medis, namun dorongan dari pihak luar akhirnya membuat saya ‘kalah’. Demi melegakan hati mertua, saya biarkan dukun pijat memijati tubuh mungil Zril yang kala itu panas badannya 39 derajat celcius, padahal sudah minum obat pereda panas.

Mertua lega karena setelahnya Zril bisa tertidur pulas dan ridak rewel lagi. Namun saya lebih lega karena akhirnya suhu tubuhnya berangsur turun dan kondisinya kian membaik. Saya percaya bukan pijatan yang membuatnya sehat, namun karena efek obat. Malah saat proses pemijatan, saya amati tiap detail yang Mak Dukun Pijat lakukan, serta melarangnya begitu jemarinya berada di daerah perut Zril serta daerah vital lainnya. Mungkin beliau menganggap saya bawel. Tapi inilah yang seharusnya dilakukan seorang ibu, karena pijat bayi tidak bisa sembarang dilakukan, terlebih pada buah hati yang sedang sakit.


Pengaruh Pijat Bayi pada Tumbuh Kembang si Kecil

Indonesia adalah negara dengan penduduk usia muda mendominasi piramida penduduknya. Generasi muda yang tumbuh kembangnya optimal diharapkan mampu menjadi penerus bangsa berkualitas. Sayangnya angka kematian bayi di Indonesia masih tinggi, meski kini berada di angka 12 per
1.000 kelahiran. Selain itu kualitas kesehatan para balita masih memprihatinkan, butuh dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatannya, terutama bagi para bayi di Indonesia.

BuuIbuuu,
Sudah tahu belum bahwa tumbuh optimalnya si kecil tergantung bagaimana kualitas hidupnya di 1000 hari pertama? Nutrisi yang tercukupi memang yang utama, namun yang dibutuhkan bukan hanya itu. Ibarat orang dewasa nih, materi memang diperlukan akan tetapi kasih sayang juga diinginkan. Pada si kecil, afeksi berupa sentuhan orang tuanya, terutama Ibu, adalah sangat penting.

Sentuhan ini bukan hanya dengan pelukan atau selalu berada di dekat si kecil. Tetapi bisa melalui ritual pijat dan mandi bayi. Bonding, yakni kedekatan emosi antara Ibu dan anak, terjalin dengan adanya sentuhan ini. Info inilah yang saya dapatkan saat acara Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaatnya bagi Tumbuh Kembang Bayi yang diselenggarakan oleh Johnson’s Baby bekerjasama dengan komunitas The UrbanMama di Hotel Ibis Style Surabaya pada Sabtu, 6 April 2019 lalu.


Saya senang sekali bisa hadir di acara meriah ini. Memakai dress code biru, saya dan Zril masuk ke dalam acara ini dengan hati berbunga. Senang karena akan menerima tambahan ilmu mengenai pentingnya pijat bayi, serta senang karena akhirnya bisa hadir ke acara komunitas ditemani sang buah hati tersayang. Semoga acara serupa digelar lagi di Kota Pahlawan ini dan kami bisa menghadirinya lagi. Aamiin.

Sentuhan lembut seorang Ibu kepada buah hatinya yang dilakukan melalui pijat bayi memiliki berbagai manfaat. Manfaatnya terbagi dua sisi, untuk fisik dan juga psikis emosionalnya.

Manfaat pijat bayi secara fisik untuk bayi:
·         Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi lebih baik
·         Membantu melancarkan sistem peredaran darah
·         Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernafasan
·         Membantu meningkatkan berat badan
·         Membantu meningkatkan sistem imunitas
·         Meningkatkan kualitas dan waktu tidur yang mendukung perkembangan memori


Manfaat pijat bayi secara psikis emosional untuk bayi:
·         Memperkuat ikatan/bonding antara anak dan orangtua
·         Meningkatkan kemampuan bersosialisasi karena si kecil yang terbiasa dipijat cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah
·         Membantu meredakan ketidaknyamanan
·         Menurunkan produksi hormon stresor, sehingga mengurangi rewel, dan membuat bayi merasa rileks
·         Menstimulasi sistem saraf dan sensorik sehingga otak si kecil bisa berkembang dan bekerja lebih cepat

Di acara ini diajarkan bagaimana cara memijat bayi yang baik dan benar. Akan saya bahas pada postingan lain, ya. Karena akan panjang sekali. Nah bagi BuuIbuu yang ingin belajar bagaimana langkah-langkah pijat bayi, bisa mendapatkan informasi lengkap di link ini: https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#gWCvrtD5x6BwFu7R.97

Boleh klik video Youtube di bawah ini mengenai acara keseruan Pelatihan Pijat Bagi dan Manfaatnya bagi Tumbuh Kembang si Kecil. Yuk, mari…




Ada Doa dalam Setiap Sentuhan Ibu kepada Buah Hatinya

Di acara yang dihadiri para Ibu dan Ayah yang memiliki bayi serta beberapa media dan komunitas, saya disadarkan kembali bahwa ada doa dalam setiap sentuhan ibu kepada buah hatinya. Terutama saat memijat bayinya, Ibu selalu menuangkan doa dan harapannya agar si kecil bisa tumbuh dengan baik dan nantinya bisa jadi orang yang berguna. Selain itu juga ada ungkapan sayang seorang Ibu yang dengan tulus kasih membesarkan dan mendidik buah hatinya.


Hadir pula dr. Dyah Retno Wula, Sp.A., yang turut mengisi acara juga menjelaskan bahwa bukan hanya Ibu yang boleh mmberikan sentuhan penuh cintanya. Peran ayah dan keluarga terdekat pun diharapkan di dalam hal ini. Sesibuk-sibuknya, sang ayah silakan sesekali turut membantu memandikan bayinya, pun memijat. Inilah quality time terbaik. Berikan waktu yang khusus, jangan diselingi pekerjaan lain seperti menonton televisi atau main HP agar bayi menerima manfaat seoptimal mungkin dari setiap sentuhan yang didapatkan.


Masih banyak orangtua yang belum mengerti bahwa kontak fisik berupa sentuhan lembut penuh cinta adalah ikatan emosional pertama bayi dengan orang tua, terutama Ibu. Dengan ini maka akan merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi serta pembelajaran mereka. 

Dari sentuhan ini, si kecil kemudian memperoleh kecerdasan pertamanya pula, yaitu kemampuan untuk meraih. BuuIbuuu pasti terkekeh ketika pertama kalinya si kecil meraih jemari kita, bukan? Itulah kali pertama kecerdasannya ditunjukkan.


Program #SentuhanCinta Johnson’s Baby

BuuIbuuu,
Usai melahirkan pasti ada yang pernah dapat gift pack Johnsons’s Baby, kan?

Nah sebagai salah satu perusahaan pemimpin produk bayi, dalam melanjutkan komitmennya untuk memastikan semua bayi Indonesia memiliki perawatan terbaik dan awal yang bahagia dalam hidupnya, Johnson’s® meluncurkan inisiatif terbarunya, “Sentuhan Cinta”. 


Terinspirasi dari sentuhan penuh cinta para orang tua, terutama Ibu pada buah hatinya, program ini mendorong agar semua Ibu dan juga calon Ibu di Indonesia agar mendukung pentingnya sentuhan cinta. Apalagi kalau bukan demi kebaikan, kesehatan serta tumbuh kembang optimalnya sang buah hati, khususnya para periode emas di 1000 hari pertama kehidupan. 

Harapannya dengan adanya program Sentuhan Cinta maka mampu memberikan kesempatan yang sama pada seluruh bayi di Indonesia agar mereka dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka suatu hari nanti.


Johnson’s® adalah brand terkemuka bagai brand yang menjadi mitra orangtua di seluruh dunia selama lebih dari 125 tahun. Johnson’s® juga selalu berkomitmen mendukung kehidupan bayi dan impian orangtua mereka. Kali ini lewat program Sentuhan Cinta yang berfokus pada edukasi pijat bayi, Johnson’s® yang mempelopori peluncuran buku panduan pijat bayi yang mirip dengan apa yang diajarkan Kementerian Kesehatan RI dan telah diadaptasi para dokter anak dan bidan dalam memberi pijatan bayi, terus bekerja sama dengan dokter anak Indonesia serta para tenaga pelatih profesional dalam pijat bayi terus melakukan edukasi pijat bayi terhadap berbagai tenaga kesehatan dan para ibu baru di seluruh Indonesia.

Untuk keterangan lengkap tentang apa itu kampanye Sentuhan Cinta, BuuIbuuu bisa langsung mengunjungi link website https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta ya.


Dukungan Program Sentuhan Cinta dalam Pembangunan Srana Kesehatan Ibu dan Anak

BuuIbuuu,
Selain dalam pelatihan pijat bayi, Johnson’s® mengajak kita semua, terutama BuuIbuuu yang membaca tulisan saya ini untuk berpartisipasi dalam pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak. Tahun 2019 ini Johnson’s® bekerja sama dengan Habitat For Humanity akan membangun pusat kesehatan ibu dan anak di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Cara berpartisipasinya mudah sekali kok. Hanya dengan cara berdonasi melalui pembelian produk Johnson’s® dengan mekanisme sebagai berikut:
1. Melakukan pembelian produk Johnson’s® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25,000,-
2. Melakukan pembelian Johnson’s® Oil 125ml / Top-to-Toe Bath 400m / Baby Lotion 200ml di Indomaret, Carefour, Superindo, Guardian, Giant, Alfamidi dan di toko-toko lainnya yang bekerjasama.

Dari partisiapasi BuuIbuuu lewat cara pembelian tersebut, Johnson’s® akan menyisihkan Rp 500,- untuk membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak atau Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal. Tentu BuuIbuuu sudah paham betul apa fungsi adanya Posyandu di tiap desa. Selain sebagai tempat imunisasi, Posyandu merupakan pusatnya pengukuran tumbuh kembang anak. Dengan hasil yang selalu terpantau maka ketika ditemukan suatu masalah pada anak, maka akan segera dilaporkan dan diberikan penanganan. Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan optimal generasi muda kita diharapkan dapat tercapai. 

Nah apakah ada di antara BuuIbuuu sekalian yang ingin mendapatkan edukasi mengenai pelatihan pijat bayi dari Johnson’s® juga? Nantikan di kota kalian, ya. Tidak berhenti di Surabaya saja, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, #JohnsonsBabyid akan membagi ilmunya mengenai cara dan manfaat sentuhan cinta dari Ibu kepada buah hatinya lewat #PijatBayi, ke 15 kota di Indonesia.

Yuk lakukan pijat bayi sang sentuhan cinta kaya manfaat demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil secara optimal demi masa depannya nanti!

Terima kasih pada BuuIbuuu yang telah membaca sampai tuntas. Ada bonus foto kece Zril di photobooth nih. Lumayan Ibun tak perlu ajak ke studio foto, eh udah dapat foto cakep si #BabyZril. Kiss kiss... Anteng banget deh, bahkan sampai terlelap di akhir acara. 


.

22 komentar:

  1. acara yang menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. Aku lihat IG story manteman di acara ini, super duper kereeenn. Hotel Ibis Style disulap jadi kayak nursery room yg kece abis!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. jadi inget waktu anaku masih pada bayi. pas dipijet pada merem melek berasa nikmaaatt sekali. seneng n bahagia ngeliatnya :)

    BalasHapus
  4. Awalnya aku gak suka kalau ada yg nyuruh anakku dipijit2 gitu sama orang lain, kasihan sampai nangis-nangis gitu pernah lihat. Nah kalau mijitnya pakai cinta gini kan enak anakpun gak stress malah kedekatan makin lengket.
    Walaupun anakku sudah kela3 yang kecil tapi masih suka beli produk Johnson kok, maulah ikut berbagi.
    pastinya ibu2 lain di berbagai kota menunggu kegiatan sentuhan ibu kaya gini juga ya

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang aku masih suka memijat anak-anakku. Anak anakku juga sering minta dipijit juga, apalagi kalau setelah lelah bermain fisik. Katanya setelah dipijit, badannya lebih enak dan ringan sekali. Apalagi bayi yang terkadang banyak polah dan dia masih belum mampu mengutarakan keinginannya untuk disentuh melalui pijatan ya

    BalasHapus
  6. Bener bngt pijat bayi bermanfaat bngt buat stimulus perkembangan nya dah gitu nambah bounding juga,,, klo aku dulu gantian sama ayahnya

    BalasHapus
  7. anakku dari kecil suka dipijit..sampai sekarang masih sering minta dipijit sama emaknya...mungkin menenangkan juga ya buat mereka..:)

    BalasHapus
  8. Benar banget, dengan memijat sendiri si ibu bisa makin dekat dengan bayinya. Ada kontak batin gitu. Habis mandi, sambil diolesi minyak telon sambil dipijat, terus diajak ngobrol. Bagus banget itu untuk menguatkan bonding.

    BalasHapus
  9. Ikatzn bathin semakin terjalin dengan sentuhan pijitan penuh sayang dan cinta. Anak2 bunda merasakan ini sampai mereka usia 6 bulan. Sekarang sang cucu nih yg 13 th suka minta dipijitin kakinya ampe bobok, hihihi...ogo pisan euy...tp si bundanya happy tuh.

    BalasHapus
  10. Pas anak-anak masih bayi, malah suami yang sering memandikan mereka. Saya nggak berani pegang bayi mungil

    BalasHapus
  11. Wahh calon ibu harus tau ini, teknik memikat untuk bayi, aku pengen belajar kak, biar nanti klu. Udah punya anak bisa mijak anak sendiri 😊

    BalasHapus
  12. Pengen banget nih belajar atau diajarin mijat bayi. Kayaknya bakal senang banget kalau setiap ketemu bayi aku bisa pijat hehe. Kalau anakku sih udah besar nunggu adeknya ada dulu baru praktek sama anak sendiri.

    BalasHapus
  13. Ah jadi inget jaman anakku bayi mbak, dia paling ogah dipijetin emaknya. Tp kalo ke tempat pijet bayi dia bisa anteng. Kalo sama emaknya uget uget melulu gak mau diem. Kayaknya kegelian. Haha

    BalasHapus
  14. Anak-anakku dulu yang mijet tuh simbah tukang pijat, wah bisa boboknya lelap deh. Aku bagian pijat lembut aja kaki, tangan, dan tubuhnya, kayak diusap-usap aja pakai baby oil Jhonson

    BalasHapus
  15. Wah, event yang sangat berfaedah. Bikin kita jadi bisa memijat anak sendiri ya. Dan iya, mijat bayi ini bermanfaat buat si bayinya. Anak-anakku waktu kecil pada rutin dipijat

    BalasHapus
  16. Waktu anakku masih bayi, aku termasuk cukup rajin mijat dia, bisa-bisa sehari 3-4 kali deh. Setiap sebelum mandi, mau bobo, lagi pakai baju, malah pernah sambil dikasih lotion sambil dipijat pijat dhe

    BalasHapus
  17. Pijat pada bayi banyak manfaatnya ya, sselain itu bisa bikin peredaran lancar. .

    BalasHapus
  18. Mijit bayi jd relaksasi juga lho buat emaknya itu yg saya rasakan saat mijat anak2 waktu bayi

    BalasHapus
  19. Saya dulu kalo mijitin anak selalu pake dukun pijat. Takut salah. Sekarang bisa belajar sendiri deh.

    BalasHapus
  20. Aku suka...suka....memijat bayi.
    Selain biar anaknya ga capek, menyusunya juga makin berkualitas.
    Anaknya juga makin anteng kalo bobok.

    Assiik~
    Mama bisa beraksi, eh...hehhehe...

    BalasHapus
  21. Dulu waktu anak-anak masih bayi, setelah mandi pasti aku pijit badan dan kakinya pake baby oil. Selain bikin nyaman anak juga membangun bonding antara ibu dan anak juga ya

    BalasHapus
  22. Aku suka pijit si kecil juga, terutama waktu dia ga enak badan sih. Waktu setelah mandi dulu waktu bayi masih suka mijit sekalian, sekarang udah gede mah blaas ga lagi, hihi.

    BalasHapus